Bengkulu Selatan Replikasi Aplikasi e-Statistik Provinsi Bengkulu

Bengkulu, Diskominfo –  Pemerintah  Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mereplikasi aplikasi e-Statistik dari Pemerintah Provinsi Bengkulu. Hal ini merupakan bagian dari upaya bersama dalam rangka percepatan pelaksanaan e-government. Tim IT Diskominfo Bengkulu Selatan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan Ir. Susmanto, MM datang ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu untuk melaksanakan kegiatan tersebut pada 10 Desember 2019 bertempat di  ruang Media Center Dinas Kominfo Provinsi Bengkulu.

Kerjasama ini dilaksanakan karena Pemerintah Provinsi Bengkulu dinilai berhasil dalam menerapkan aplikasi e-statistik yang memberikan kemudahan dalam penyajian dan pengolahan data statistik sektoral. Tidak hanya perihal aplikasinya, lebih dari itu terkait juga dengan ketersediaan infrastruktur jaringan yang stabil maupun sumber daya manusia pengelolanya.

Dalam sambutannya kepala Dinas Kominfo Bengkulu Selatan Ir. Susmanto, MM menyampaikan ucapan terimakasih bahwa pemerintah Provinsi Bengkulu telah bersedia untuk mengizinkan Kabupaten Bengkulu Selatan untuk mengadopsi aplikasi yang telah dipakai dan diterapkan di Provinsi Bengkulu. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan masih sangat membutuhkan dukungan dalam pembangunan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) guna optimalisasi pengelolaan birokrasi dan penyebaran informasi publik, dan aplikasi e-statistik dirasa merupakan salah satu faktor untuk melaksanakan hal tersebut.

Sebelumnya Dinas Kominfo Bengkulu Selatan melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Aan Syahputra, S.Kom telah melaksanakan koordinasi untuk melaksanakan replikasi aplikasi ini, dan hal tersebut telah disambut dengan baik oleh Kominfo Provinsi dengan kesediannya untuk memberikan  aplikasi umum berbagi pakai milik Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu Jaduliwan sangat mengapresiasi keinginan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk mereplikasi aplikasi e-statistik milik pemerintah provinsi bengkulu ini “langkah membangun kolaborasi dalam aplikasi berbagi pakai dalam ruang lingkup pemerintahan harus terus dikembangkan, paradigmanya sekarang bukan lagi menonjolkan persaingan melainkan menjunjung tinggi prinsip tumbuh bersama dalam perwujudan e-government” tegas Jaduliwan. Jaduliwan berharap setelah ini akan ada Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan dan Pemerintah Provinsi Bengkulu terkait dengan kegiatan ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *