Bimtek Manajemen Website Wujudkan e-government

Manna, Diskominfo – Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Bimbingan Teknis Manajemen Website Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2019. Bimtek dilaksanakan di Gedung Reptaloka pada Kamis, 11 Juli 2019.

Acara dibuka langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Arjo Arifin, SE

Seperti yang disampaikan dalam sambutannya Bupati Bengkulu Selatan menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE. Bahwa salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi, e-government juga mengamanatkan bahwa hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Hal ini berbanding lurus dengan tujuan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas.

” Setiap OPD  wajib aktif dalam mengelola websitenya masing-masing, OPD juga harus aktif dan giat di media sosial, hal ini penting dalam menyerap aspirasi dan juga sebagai media penyebaran informasi ” tegas Gusnan dalam sambutannya.

Website merupakan salah satu media sebagai portal pelayanan publik yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. Oleh sebab itu manajeman pengelolaan website adalah hal yang urgen dalam SPBE, jangan sampai informasi yang disajikan tidak dikelola dengan baik, manajemen konten juga merupakan hal yang penting disamping design yang menarik dalam pembangunan website. Disampiakan Gusnan Mulyadi bahwa setiap admin website OPD harus selalu berkoordinasi dengan Diskominfo yang berperan sebagai leader dalam pengelolaan Teknologi Informasi dalam pemerintahan khususnya di Bengkulu Selatan.

Dalam Bimtek ini, Diskominfo mengundang 40 orang peserta yang bertugas sebagai admin pengelola website seluruh OPD se Kabupaten Bengkulu Selatan. Sebagai pemateri Diskominfo menugaskan 2 (dua) orang ASN Muhammad Akbar, S.Kom dan Rudianto, A.Md mereka adalah praktisi IT dalam bidang pengelolaan website yang bertugas pada Bidang Aplikasi  Informatika Dinas Kominfo Bengkulu Selatan. Perserta yang hadir diberikan materi dan pelatihan dasar manajemen website dengan Conten Manajement System WordPress [az..]

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *