Home Berita Sinkronisasi Layanan Informasi, KIP Bengkulu Bertandang Ke Kominfo

Sinkronisasi Layanan Informasi, KIP Bengkulu Bertandang Ke Kominfo

Manna, Diskominfo – Komisi Informasi Provinsi Bengkulu melakukan kunjungan ke Kabupaten Bengkulu Selatan dalam rangka sinkronisasi layanan informasi pada Selasa, 25 Juni 2019. Kunjungan tersebut dilakukan dengan tujuan peningkatan layanan informasi provinsi Bengkulu yang dengan dukungan dari setiap Kabupaten yang ada termasuk juga Bengkulu Selatan.

Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Bengkulu Drs. Murdan Lair, SH. Didampingi oleh dua orang anggota lain dari KIP Bengkulu. Diterima oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan Ir. Toni Gusnaidi didampingi Sekretaris Diskominfo Nico Dwipayana, S.STP, MM bersama Kabid Aptika Juliawan Alim, S.Sos, Kabid IKP Agung Sedayu, SE dan Kabid Persandian Armah Nengsih, SE, MM bertempat di ruang kerja Kadis Kominfo.

Seperti yang disampaikan oleh Drs. Murdan Lair, SH bahwa ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan layanan publik, karena sesuai dengan motto Komisi Informasi “Hak Anda Untuk Tahu”. Pelaksanaan kunjungan bertujuan dalam rangka sinkronisasi layanan informasi di Kabupaten Bengkulu Selatan, disampaikan juga bahwa permohonan informasi yang disampaikan oleh pemohon (masyarakat) harus cepat ditanggapi oleh Pemerintah, akan lebih baik jika tidak sampai tindak lanjutnya ke tingkat aduan masyarkat.

Diskusi membincangkan hal-hal yang terkait dengan keterbukaan informasi publik sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) dalam rangka mendorong budaya transparansi informasi di Provinsi Bengkulu khususnya lagi Kabupaten Bengkulu Selatan.

Disampaikan Ir. Toni Gusnaidi disela-sela perbincangan bahwa untuk melaksanakan peningkatan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Bengkulu Selatan, Diskominfo telah membangun website seluruh OPD dan jaringan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)  sebagai media dalam mewujudkan amanat UU No. 14 Tahun 2008.

Sebagai informasi bahwa Komisi Informasi adalah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan peraturan pelaksanaannya, menetapkan petunjuk teknis layanan Informasi Publik dan menyelesaikan Sengketa Informasi melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi non litigasi. Dengan tugas Menerima, memeriksa, dan memutus permohonan penyelesaian Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi nonlitigasi yang diajukan oleh setiap Pemohon Informasi Publik berdasarkan alasan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini, menetapkan kebijakan umum pelayanan Informasi Publik menetapkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis [az..]

Previous articleBupati Sampaikan Bantuan Masa Panik ke Korban Terdampak Banjir di Pino Raya
Next articleBimtek Manajemen Website Wujudkan e-government