Home Berita Hadiri Penganugerahan Duta Genre 2023, Aswan Berharap Agen Perubahan Genre Memberi Pengaruh...

Hadiri Penganugerahan Duta Genre 2023, Aswan Berharap Agen Perubahan Genre Memberi Pengaruh Positif Bagi Remaja Menjadi SDM Berkualitas Ciptakan Generasi Berencana untuk Keluarga Sejahtera

Saya sangat Mengapresiasi pemilihan duta generasi berencana (Genre) dengan harapan semakin banyak agen perubahan genre yang memberi pengaruh positif bagi remaja  menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkulu Selatan dalam hal itu diwakilkan oleh Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Aswan, SH,  saat menghadiri Penganugerahan Finalis Duta Genre Tingkat Kabupaten Tahun 2023 di Gedung Pemuda Manna, Kamis (23/11/23).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas PPKBP3A Bengkulu Selatan, Kodim 0408 Bengkulu Selatan, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, DIKBUD, DISPORA, BAPPEDA, Kepala CABDIN Bengkulu Selatan, Kepala BNNK, WVI, Pimpinan Bank Bengkulu (Cab. Manna), Camat Kota Manna, Pasar Manna, Manna, Camat Bunga Mas serta Finalis Duta Genre Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dalam sambutannya Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Aswan, SH, juga menyampaikan Pemilihan duta generasi berencana adalah salah satu upaya untuk mencetak remaja-remaja yang memiliki pengetahuan tentang berkeluarga, kesehatan remaja dan life skills serta menjadi role-model remaja sekitar yang mengkampanyekan 3 ancaman remaja yaitu pernikahan dini, seks bebas, dan napza.

“Saya berharap, kegiatan ini tidak hanya untuk mencari duta genre yang terbaik tetapi juga memupuk budaya kompetisi yang sehat dan berkualitas, memunculkan kepedulian remaja terhadap kondisi kependudukan baik itu kesehatan, pendidikan, sosial ekonomi, dan lingkungan sehingga muncul kepedulian generasi muda yang saling berkolaborasi dan berintegrasi dalam mengkampanyekan penurunan angka stunting khususnya di Kabupaten Bengkulu Selatan,” ucapnya.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Drs. Zainin menyebutkan bahwa digunakannya program Genre telah tertuang dalam undang-undang nomor 52 tahun 2009, dalam rangka mewujudkan pembangunan keluarga yang berkualitas dan penduduk tumbuh seimbang, salah satunya melalui kegiatan pembinaan ketahanan remaja.

Remaja sebagai calon pasangan suami-istri perlu pengetahuan dan pemahaman dalam mengambil keputusan dan mewujudkan hak reproduksinya secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, pendewasaan usia perkawinan dengan kampanye usia ideal menikah 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki menjadi salah satu substansi dalam pembinaan ketahanan remaja.

Selamat Para Juara Duta Genre Kabupaten Bengkulu Selatan Juara 1 Putra – Hidayat Nur Hijrah (SMAN 1 BS), Juara 1 putri- Khusnul Khotima (SMAN 1 BS), juara 2 putra- ahmad azisman efendi pratama (SMAN 1 BS), juara 2 putri -farah raihanah fauziyyah (SMAN 1 BS), juara 3 putra -varel janhadji (SMAN 2 BS), juara 3 putri – tiara anisa puspita sari (SMAN 1 BS), favorit putra – Ramadhan Putra Oktavian (SMAN 1 BS), Putri :- Dzakiyyah Nur Alifia (SMAN 2 BS) .(MCKominfoBS)

Previous articlePelantikan Bunda Literasi dan Penetapan Duta Baca Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2023 – 2025
Next articleCiptakan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang Aman, Sejuk dan Damai, Pemkab BS Gelar Coffee Morning