Idul Fitri 1440H, ASN Bengkulu Selatan Dapat Jatah Libur 9 Hari

Manna, Diskominfo – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2019 tentang Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019, hal itu didasarkan dari serangkaian proses pembahasan yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Pemerintah menerbitkan Keputusan Bersama Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019. Keputusan Bersama ini ditandatangani oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin, Menaker Hanif Dhakiri, dan Menteri PANRB Syafruddin,

Cuti Bersama Idul Fitri 1440 Hijriah ditetapkan pada 3, 4, dan 7 Juni 2019 (Senin, Selasa, dan Jumat). Unit kerja/satuan organisasi/lembaga  yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat yang mencakup kepentingan masyarakat luas, seperti rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat, lembaga yang memberikan pelayanan telekomunikasi, listrik, air minum, pemadam kebakaran, keamanan dan ketertiban, perbankan, perhubungan dan unit kerja/satuan organisasi/Lembaga/perusahaan lain yang sejenis, agar mengatur penugasan pegawai/karyawan/pekerja pada hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2019 sebagaimana diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ditegaskan dalam Kepres tersebut, pelaksanaan cuti bersama tidak akan mengurangi hak cuti tahunan pegawai/karyawan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku pada setiap unit kerja/satuan organisasi/Lembaga.

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam hal ini juga telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan Nomor 060/32/B.7/2019 yang ditandatangani oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi pada tanggal 28 Mei 2019 tentang Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan.  Jadi dapat dihitung bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) Bengkulu Selatan pada Lebaran tahun ini mendapat libur sebanyak 9 hari dengan pengecualian pada tanggal 1 Juni 2019 diharuskan mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang akan dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Bengkulu Selatan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia telah melayangkan Surat Nomor B/26/M.SM.00.01/2019 yang ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pusat dan Daerah  tanggal 27 Mei 2019 perihal Laporan Hasil Pemantauan Kahadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Ditegaskan supaya seluruh pejabat Pembina Kepegawaian dan Pejabat yang Berwenang agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Melakukan pemantauan kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) sesudah cuti bersama idul fitri 1440 H yaitu pada Senin, 10 Juni 2019.
  2. Laporan hasil pemantauan agar diinputu di aplikasi https://sidina.menpan.go.id pada hari yang sama paling lambat pukul 15.00 WIB.
  3. Terhadap ASN yang tidak masuk kerja pada Senin, 10 Juni 2019 tanpa alasan yang sah dijatuhi sanksi hukuman disiplin

Hal ini dilakukan dalam rangka penegakan disiplin ASN dan optimalisasi pelayanan publik setelah pelaksanaan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H [az..]

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *