Kominfo Buka Tender Pembangunan Jaringan Intranet OPD

Manna, Diskominfo – Ditahun 2019 ini kominfo akan mengembangkan jaringannya sampai dengan tingkat kecamatan, oleh sebab itu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan resmi membuka tender pembangunan jaringan intranet Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehubungan dengan hal tersebut Dinas yang dibawahi oleh Ir. Toni Gusnaidi ini mengundang Badan Usaha yang bergerak di bidang usaha Komputer/Jaringan/Teknologi Informasi untuk mengikuti pascakualifikasi tender pembangunan jaringan intranet OPD.

Seperti yang disampaikan oleh Elmi Veven Sumanti, S.Kom yang menjabat sebagai Kepala Seksi Aplikasi dan Pengembangan Telematika sekaligus sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, bahwa pelaksanaan tender ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang ada pada Bidang Aplikasi Informatika Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan dalam rangka pengembangan jaringan intranet OPD yang ada dalam Kabupaten Bengkulu Selatan. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang serupa pada tahun sebelumnya dimana Kominfo sudah membangun jaringan intranet dalam ruang lingkup OPD yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Ruang lingkup Proyek meliputi pengadaan, pembangunan, pemasangan dan konfigurasi jaringan intranet eksternal OPD. Nilai pagu paket adalah sebesar Rp 457.651.000,- (empat ratus lima puluh tujuh juta enam ratus lima puluh satu ribu rupiah). Bagi Badan Usaha yang bermaksud untuk mengikuti pascakualifiasi ini dapat mengkases langsung ke www.lpse.bengkuluselatankab.go.id.

Pemanfataan jaringan intranet dimaksudkan dalam rangka Penyelenggaraan e-government ditujukan untuk mewujudkan Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi sebuah Kabupaten yang maju selaras dengan perkembangan zaman dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, dibutuhkan sarana penunjang jaringan komunikasi data berupa jaringan intranet dan internet yang mengintegrasikan seluruh organisasi perangkat daerah dan kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Teknis pelaksanaannya dapat digambarkan secara singkat sebagai berikut:

  1. Pemasangan jaringan dilakukan secara point to point yang bersumber dari tower triangle milik Dinas Kominfo.
  2. Untuk bisa melakukan point to point akan dibangun tower triangle galvanis diameter 30 cm yang berlokasi di Kantor Camat Ulu Manna, Bunga Mas, Kedurang Ilir, Air Nipis, Manna dan tower di Dinas Pertanian sebagai repeater.
  3. Setelah pemasangan jaringan dilakukan, maka selanjutnya akan dilakukan setting dan konfigurasi hotspot serta sharing bandwidth internet.

Dinas Kominfo menargetkan proyek ini akan selesai pada akhir Triwulan ketiga tahun ini. [az..]

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *