KOMINFO IKUTI BIMTEK SIMAYA

Bengkulu, Diskominfo –  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan mengikuti Workshop Aplikasi Simaya yang digelar oleh Dinas komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu pada Selasa 6 Agustus 2019 bertempat di Aula Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu.

Kominfo Bengkulu Selatan mengutus Rudianto, A.Md yang merupakan staf pada Seksi e-government Bidang Aplikasi Informatika untuk mengikuti kegiatan dimaksud. Kegiatan yang dijadwalkan selama dua hari pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2019 dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu  Sri Hartika, M.Si.

Dalam workshop tersebut didatangkan pemateri yang terdiri dari Kepala Seksi Pengembangan Layanan Aplikasi Informatika Kemaritiman dan Pembangunan  Manusia dan Kebudayaan Direktorat Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Republik Indonesia Niki Maradona, S.Kom dan dua orang Tim Teknis lainnya.

Peserta Workshop terdiri dari utusan masing-masing Kabupaten/Kota yang ada dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

Penerapan  e-government  (Sistem  Pemerintahan berbasis Elektronik) didasarkan pada :

  • Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government,
  • Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Panduan Umum Tata Kelola Teknologi Informasi Dan Komunikasi Nasional.
  • Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Terkait dengan hal tersebut proses administrasi Perkantoran Pemerintahan sudah harus bermigrasi pada tata naskah administrasi perkantoran berbasis aplikasi, dan Simaya merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo sebagai aplikasi e-office yang nantinya akan adanya integrasi e-dokumen persuratan (arsip dinasmis) dalam pelaksanaannya, Aplikasi Perkantoran yang ditujukan memberikan kemudahan bagi PNS untuk dapat berkerja dimana saja, Penyampaian informasi secara aman dari pemerintah pusat hingga ke Pemerintah Daerah, Sebagai media komunikasi antar instansi, baik pusat maupun daerah karena simaya berjalan dalam bentuk cloud. [az..]

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *