Home Berita Pemkab BS Gelar Lomba Inovasi Karya Kreatif Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat

Pemkab BS Gelar Lomba Inovasi Karya Kreatif Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat

Pemerintah Bengkulu Selatan, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) menggelar Lomba Inovasi Karya Kreatif Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat, yang dilaksanakan di Gedung Pola Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan, Senin (25/9/23).

Kegiatan Lomba tersebut menyungsung tema “Generasi Milenial Kreatif Bengkulu Selatan Maju” yang dibuka secara langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE.,M.M, dan juga dihadiri oleh Ka.Bappeda-Litbang, serta para Peserta Lomba & Guru Pendamping.

Dalam laporan ketua panitia, Putra Irawan menyampaikan kegiatan tersebut termasuk dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, pada Pasal 18 dan 20 mengamanatkan kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk menumbuhkan inovasi dan memberikan stimulan dan fasilitas, serta menciptakan iklim yang kondusif bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), serta Pembangunan ekonomi daerah yang berbasis pengetahuan diharapkan mampu meningkatkan produktivitas, nilai tambah, dan peningkatan keunggulan kompetitif.

“ Inovasi teknologi dan technopreneurship merupakan dua kata kunci penting dalam pembangunan Kabupaten Bengkulu Selatan yang lebih maju dapat dimulai sejak dini di tingkat sekolah. Kedua hal tersebut dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial masyarakat Bengkulu selatan,” ucapnya.

Putra Irawan juga mengatakan kegiatan tersebut diikuti 80 peserta dari 7 sekolah tingkat SMA / SMK di Bengkulu Selatan, serta didampingi oleh 12 orang guru pendamping.

Sementara itu Kepala Bappeda Litbang Bengkulu Selatan Fikri Aljauhari, S.STP. MM, menyampaikan kegiatan ini merupakan wadah dalam rangka organisasi bagi siswa- siswi SMA, SMK, sederajat untuk memunculkan kreativitas yang perlu wawasan.

“ Ini merupakan organisasi bagi siswa- siswi SMA, SMK, sederajat untuk memunculkan kreativitas dan berharap ini hasilnya bisa kita tumbuh kembangkan dan kalau hasilnya bagus bisa kita tingkatkan untuk ikut sertakan pada level yang lebih tinggi dan mungkin bisa juga di imitasi oleh pemerintah daerah karena inovasi ini didalamnya terdapat teknologi pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, pengembangan sumber daya alam , tanaman herbal, tanaman obat,” ujarnya.

Di Kesempatan itu juga Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE.,M.M, sangat mengapresiasi dan bangga kepada siswa SMA yang mengikuti acara ini, Menurutnya kegiatan ini sebagai puncak pendidikan, dimana anak-anak memperlihatkan kemampuannya dan Karyanya.

“ Pentingnya sebuah inovasi bagi tumbuh dan berkembangnya suatu daerah. Bahkan, jargon seperti ini memang benar adanya dan bukan isapan jempol semata. Semoga hasil dari karya-karya kreatif yang dimiliki oleh siswa- siswi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, secara khusus di Kabupaten Bengkulu Selatan.(MCKominfoBS)

Previous articlePemkab BS Gelar Rapat Paripurna Tentang Rancangan Peraturan Daerah terhadap Perubahan APBD Tahun 2023
Next articleWabup BS Hadiri Penyerahan Bantuan RTLH dan Bantuan 100 Tabung Gas Serta peralatan Disabilitas Oleh Gubernur Provinsi Bengkulu