Pengelolaan Nama Domain

Nama Domain adalah alamat internet penyelenggara pemerintahan daerah, yang dapat digunakan dalam berkomunikasi melalui internet, yang berupa kode atau susunan karakter yang bersifat unik untuk menunjukkan lokasi tertentu dalam internet. Nama Domain juga merupakan jati diri dari penyelenggara pemerintahan daerah, sehingga perlu dilakukan pengelolaan dengan baik, agar dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung pencapaian tujuan organisasi yang transparan, efektif dan efisien.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan memiliki tugas pokok dan fungsi melaksanakan urusan pemerintahan bidang Komunikasi dan Informatika. Salah satu pelaksanaan tugas yang dilakukan adalah pengelolaan nama domain bengkuluselatankab.go.id beserta subdomain dibawahnya yang dipergunakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dasar hukum pengelolaan nama domain oleh Dinas Komunikasi dan Informatika antara lain:

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa Pengelolaan nama domain yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan sub domain di lingkup Pemerintah Kabupaten termasuk dalam sub urusan aplikasi informatika yang dilaksanakan oleh perangkat daerah yang menyelenggaraan urusan bidang komunikasi dan informatika.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, mengatur pembentukan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika yaitu dalam bentuk Dinas
  3. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Nama Domain, mengatur tentang pengelolaan nama domain untuk memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengelola dan pengguna Nama Domain.
  4. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara.
  5. Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang melandasi pembentukan Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Bengkulu Selatan.
  6. Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 42 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan.

Setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dapat mempergunakan subdomain sebagai alamat website OPD sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 34 Tahun 2017 tentang Registrar Nama Domain Perangkat Daerah dan Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Perbup dapat di download pada link dibawah ini.

Perbup Nomor 34 Tahun 2017 tentang Registrar Nama Domain Perangkat Daerah dan Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *