Peningkatan Keamanan Aplikasi Melalui IT Security Assessment

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Kepala bidang Persandian meminta kepada Seluruh ASN untuk menguasai kinerja IT Security Assesment (ITSA) yang didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang harus siap dengan penguasaan digitalisasi karena saat ini secara berangsur Sistem Pemerintahan sudah memasuki Berbasis Elektronik, sudah banyak aplikasi yang di buat untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan di kantor yg dulunya masih manual, kini sudah memakai aplikasi… Hal ini disampaikan Endang Sulastri saat membuka Kick Off Meeting IT Security Assessment (ITSA) yang dilaksanakan oleh Diskominfo Kabupaten Bengkulu Selatan bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), di Ruang Vidcon Diskominfo Bengkulu Selatan, Senin 16/11/2020

Kepala Dinas Kominfo berharap dengan adanya ITSA ini semua aplikasi yang dikelola oleh Diskominfo dapat dijaga keamanannya agar sistem tidak mudah dimasuki oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab sehingga mengakibatkan banyak kerugian baik si pemakai maupun si penerima informasi yg dikeluarkan dari aplikasi tersebut.

ITSA ini bertujuan untuk mengetahui celah keamanan serta kerentanan terhadap aplikasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam hal ini Dinas Kominfo, yang nantinya akan diterbitkan laporan pengujian dan rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut. Untuk itu jika nantinya ditemukan kerentanan dengan status critical oleh tim BSSN, diharapkan dapat segera diperbaiki oleh pengelola aplikasi tidak lebih dari 24 jam.

Tim BSSN untuk kegiatan ITSA ini adalah dari Direktorat Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Resiko Pemerinta BSSN dengan jumlah personil 2 orang. ITSA yang dilakukan oleh 2 (dua) orang tim BSSN akan melakukan pengujian terhadap 3 aplikasi Website yang dikelola oleh Dinas Kominfo Bengkulu Selatan.

Saat ini OPD dilingkungan Pemkab Bengkulu Selatan banyak membangun aplikasi aplikasi baru untu menunjang pekerjaannya, hal yang tidak kalah penting selain membangun aplikasi dan infrastuktur, faktor keamanan data dan informasi menjadi hal yang krusial saat ini.

Kasi Pengawasan dan Evaluasi Pelayanan Persandian mengaku gembira bahwa tim BSSN di sela-sela jadwal yang ketat dan situasi pandemi, akhirnya dapat per mintaan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika   untuk melakukan ITSA walaupun jumlah aplikasi yang di uji hanya tiga. Harapan kedepannya Diskominfo Bengkulu Selatan bisa melakukan ITSA Mandiri untuk aplikasi yang di miliki Diskominfo maupun OPD di Lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan dengan membentuk Tim ITSA. Diskominfo Bengkulu Selatan tentunya dengan arahan dan bantuan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, hal ini di sampaikan Hirohito saat acara penyampaian Laporan ITSA oleh Tim BSSN sekaligus menutup giat ITSA di Kabupaten Bengkulu Selatan, di Ruang Bidang Persandian, 20 November 2020.

Kegiatan ITSA ini telah dilaksanakan mulai hari Senin Tanggal 16 November sampai tanggal 20 November 2020. Diakhir acara kegiatan ini disampaikan laporan terkait hasil pengujian yang berisikan daftar kerentanan yang ditemukan, serta status kerentanan yang tergolong critical berupa status kerentanan yang sangat berbahaya dan jika tidak diperbaiki akan segera menimbulkan dampak negatif. (Persandian_DiskominfoBS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *