Dalam Rangka Peningkatan Tata Kelola Persandian, Diskominfotik Provinsi Bengkulu Kunjungi Kominfo Bengkulu Selatan

Koordinasi Perihal Tata Kelola Persandian

Diskominfo – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan Jumat, 26 April 2019 mendapat kunjungan dari Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu. Rombongan dipimpin oleh Bapak Dede Kusyana, S.Pd, MM selaku Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu dan diterima langsung oleh Ibu Arma Nengsih, SE, MM selaku Kepala Bidang Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka koordinasi dan  singkronisasi terkait dengan peningkatan tata kelola persandian yang merupakan peran Kominfo selaku dinas yang membidangi pengelolaan teknologi informasi termasuk juga dalam hal tata kelola persandian, dalam rangka peningkatan kinerja pemerintahan yang lebih efektif, efisien dan akuntabel, itu yang disampaikan Bapak Dede Kusyana.

Sementara itu Ibu Arma Nengsih, SE, MM didampingi Kepala Bidang Aplikasi Informatika Juliawan Alim, S.Sos dan Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Agung Sedayu, SE mengatakan bahwa Dinas Kominfo Bengkulu Selatan sangat mengapresiasi adanya kunjungan ini, hal ini memang harus intens dilakukan agar dapat saling bersinergi dalam rangka peningkatan mutu tata kelola persandian khusus di Bengkulu Selatan.

Koordinasi Aplikasi SiMaya

Sehari sebelumnya, hal serupa dilakukan Diskominfotik Provinsi Bengkulu. Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Bengkulu Selatan Juliawan Alim, S.Sos bersama Kepala Seksi Pemberdayaan Keamanan infrastruktur Telematika Erti Usnaini, SH menerima langsung kunjungan dari Diskominfotik Provinsi Bengkulu yang melaksanakan pembahasan terkait penggunaan aplikasi  SiMaya yang merupakan aplikasi e-office sistem surat menyurat dan disposisi yang sesuai dengan tata naskah dinas elektronik. Aplikasi ini mempunyai manfaat diantaranya :

    • Implementasi sistem elektronik administrasi perkantoran konvensional yang selama ini digunakan.
    • Meningkatkan keterhubungan dan koordinasi antar instansi pemerintah baik pusat dan daerah melalui mekanisme birokrasi yang berlaku.
    • Meningkatkan efisiensi waktu dan efektivitas administrasi perkantoran.
    • Dapat diakses dari manapun dan kapanpun melalui internet dan atau intranet.
    • Implementasi sederhana dari Green ICT di lingkungan instansi pemerintah.

“Sebelumnya kita sudah pernah melaksanakan uji coba dan pelatihan Simaya untuk ruang lingkup Diskominfo melalui hosting bimtek SiMaya, dan kita juga sudah memiliki dan mendaftarkan akun SiMaya untuk Kabupaten Bengkulu Selatan yang dapat diakses di alamat https://simaya.bengkuluselatankab.go.id/. Kita berharap penggunaan Simaya dapat diterapkan dalam ruang lingkup Diskominfo dulu, baru kemudian dilaksanakan ke setiap Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Bengkulu Selatan ” tegas Juliawan Alim, S.Sos disela perbincangan.

Dalam waktu dekat Diskominfotik Provinsi Bengkulu akan mengundang seluruh perwakilan Kominfo Kabupaten/Kota untuk mengikuti Bimbingan Teknis penggunan aplikasi Simaya tersebut. diharapkan nantinya aplikasi ini dapat dijadikan salah satu aplikasi yang digunakan dalam peningkatan dan pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik [az..]

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *