Secara Daring, Bengkulu Selatan Ikut Serta Sosialisasi SPBE 2020

Manna, Diskominfo – Dalam rangka pelaksanaan program reformasi birokrasi di bidang penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang digawangi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi , Kabupaten Bengkulu Selatan ikut serta dalam kegiatan Sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang  diselenggarakan oleh Kementerian PANRB secara daring (online) yang dijadwalkan pada 16 dan 17 Juli 2020.

Bertempat di ruang Media Center Bidang  Aplikasi Informatika Dinas Kominfo Bengkulu Selatan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mempunyai keterlibatan dalam pelaksanaan program ini, diantaranya Bappeda, BKPSDM, DPPKAD, Bagian ORTALA dan Diskominfo ikut mengikuti paparan dari para Pemateri melalui aplikasi Zoom.

Evaluasi yang telah dilakukan sejak tahun 2018 tersebut, bertujuan untuk memonitoring kematangan dari penerapan SPBE di setiap instansi pemerintah baik pusat maupun daerah. Kementerian PANRB telah melakukan berbagai inovasi untuk mendorong peningkatan penerapan SPBE, salah satunya dengan melakukan pendampingan kepada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah.

Evaluasi yang tahun ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui metode daring (online). Evaluasi mandiri dan penilaian lainnya melalui aplikasi evaluasi SPBE, sementara sosialisasi dan wawancara menggunakan media video conference.

Evaluasi SPBE tahun 2020 dilakukan terhadap 130 Kementerian / Lembaga dan Pemda, yang terdiri dari 9 kementerian, 11 LPNK, 3 LNS, 4 lembaga lainnya, 8 Pemprov, 71 Pemkab, dan 24 Pemkot. Kriteria penentuan responden di tahun ini yaitu yang memiliki rentang indeks SPBE 2,20 sampai 2,80, dan dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan termasuk dalam rentang tersebut dimana pada tahun 2019 Kabupaten Bengkulu Selatan mendapatkan Index SPBE sebesar 2,32 yang merupakan index SPBE tertinggi di seluruh Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Bengkulu.

Penerapan SPBE menjadi program prioritas pemerintah. Tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik namun juga untuk mewujudkan transformasi dalam tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan optimis pelaksanaan evaluasi SPBE tahun ini dapat menghasilkan kualitas dan hasil yang jauh lebih baik daripada pelaksanaan evaluasi SPBE di tahun sebelumnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *