Tingkatkan Pengamanan Informasi, Kominfo Gelar Bimtek email “Sanapati”

Manna, Diskominfo – Bidang Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan adakan Sosialisasi Pembinaan dan  Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Bimbingan Teknis Penggunaan email “Sanapati”. Acara tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Bupati Bengkulu Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Yunizar Hasan, SH, M.AP pada Selasa, 18 Juni 2019 bertempat di Gedung Reptaloka Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pelaksanaan sosialisasi dan bimtek mengundang sebanyak 60 (enam puluh) orang peserta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan yang terdiri dari administrator yang membidangi kesekretariatan dan operator yang mengelola email “Sanapati”. Sebagai pengisi acara Kominfo mengundang 2 (dua) orang pemateri dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Jakarta yaitu Bapak Sandy Rahman Zawaaid dan Ibu Kartika Pertiwi.

Salah satu cara penerapan pengamanan informasi yang telah dikembangkan oleh Lembaga Sandi Negara adalah email “Sanapati”. Jaringan Komunikasi Sandi (JKS) “Sanapati” merupakan jaringan tertutup secure closed email dengan proteksi terhadap malware, spam, email bombing, dan sebagainya.

e-mail “sanapati” adalah e-mail khusus dengan user tertentu dengan enkripsi yang lebih kompleks sehingga mempunyai tingkat keamanan yang tinggi. e-mail tersebut berperan penting dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan antara jajaran Pemerintah Pusat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TNI, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemda Kabupaten Kota.

Menurut keterangan Kepala Seksi Operasional Pengamanan Persandian Dinas Kominfo Bengkulu Selatan  Effi Sasmita, SE, “kegiatan ini merupakan salah satu program kerja  pada Dinas Kominfo Bengkulu Selatan, pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan peran dan fungsi persandian dalam Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dan peningkatan kompetensi ASN pemegang akun email “Sanapati”. Bimtek tersebut juga bertujuan untuk penerapan digital signature (tanda tangan elektronik) dalam sistem Pemerintahan Daerah, “Karena itu SDM yang mengelola bidang ini perlu memahami seutuhnya tentang peran dan fungsi email “Sanapati” agar informasi rahasia pemerintah tetap terjaga,” ujarnya.

Melalui acara sosialisasi ini, Kabid Persandian Arma Nengsih, SE, MM berharap agar seluruh pengelola email “Sanapati” lebih menyadari akan pentingnya pengamanan informasi dan dapat memanfaatkan email “Sanapati” dalam rangka mendukung tugas dan fungsi di instansi masing-masing. [az..]

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *