Home Berita Tingkatkan Pengelolaan Website Desa, Diskominfo Latih Operator Desa

Tingkatkan Pengelolaan Website Desa, Diskominfo Latih Operator Desa

Sekundang, Dinas Kominfo terus berupaya mendorong terwujudnya transformasi digital pada pemerintahan desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengaplikasikan Sistem Informasi Desa dan Kawasan New Generation (SIDEKA-NG).

Aplikasi berbasis website tersebut merupakan aplikasi yang disediakan gratis oleh Kementerian Kominfo untuk membantu membuat semua proses yang ada di pemerintahan desa transparan, efektif dan cepat, serta mendukung terbangunnya satu data indonesia.

Untuk meningkatkan kualitas dalam pengelolaan aplikasi SIDEKA-NG, Dinas Kominfo menggelar pelatihan dipandu langsung oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Suwito, S.Sos.MM. Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Selasa (30/8) tersebut diikuti oleh operator website desa, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi operator website desa.

Suwito menyebutkan bahwa sampai saat ini baru ada 12 (dua belas) desa yang sudah menggunakan aplikasi SIDEKA-NG dan baru 2 (dua) desa yang sudah mendapatkan domain desa.id yaitu tanggoraso.desa.id dan melao.desa.id.

“Dengan SIDEKA-NG Pemerintah Desa dapat memiliki aplikasi berbasis web secara gratis, jadi desa tidak perlu sewa hosting untuk memiliki website desa.” ungkap Suwito.

“Kami sudah meminta bantuan seluruh Camat untuk menginformasikan kepada seluruh Kepala Desa apabila berminat menggunakan aplikasi SIDEKA-NG silahkan berkoordinasi dengan kami di Dinas Kominfo, dengan syarat desa sudah memiliki jaringan internet,” tambah Suwito